RPP Menguasai Cara Menggambar Kunci Untuk Animasi - Kamus Mahasiswa

Tuesday, November 7, 2017

RPP Menguasai Cara Menggambar Kunci Untuk Animasi



Mata Pelajaran/Diklat        : PRODUKTIF MULTIMEDIA
Kelas / Semester               : XII / 1
Alokasi Waktu                   : 20 Jam x 45 menit
Sekolah                            : SMKN 3 MUARA BUNGO

Standar Kompetensi
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR KUNCI UNTUK ANIMASI
Kompetensi Dasar
1.    Menjelaskan Syarat Animasi
Indikator
·         Indentifikasi syarat animasi storyboard, layout dan instruksi sutradara atau lembaran kamera yang sesuai
·         Identifikasi semua syarat animasi yang releven dari pecahan waktu dan suara


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
·     Melakukan syarat animasi storyboard, layout yang benar
·     Melakukan syarat animasi berdasarkan waktu yang benar
·     Melakukan syarat animasi berdasarkan suara yang benar

B.  MATERI PEMBELAJARAN
·      Syarat-syarat Animasi

C. METODE PEMBELAJARAN
1.     Ceramah
2.     Tanya jawab
3.     Demonstrasi
4.     Penugasan
5.     Pratikum di lab. komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
·     Mengidentifikasi syarat animasi, storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera dengan teliti
·     Mengidentifikasi semua syarat animasi berdasarkan pembagian waktu dengan teliti
·     Mengidentifikasi semua syarat animasi berdasarkan pembagian suara dengan teliti

E. SUMBER BELAJAR :
·         Buku panduan pembuatan animasi
·         Software multimedia pembuatan animasi
·         Komputer
·         Internet




F. PENILAIAN

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis

Daftar pertanyaan
1.      
Tes praktik


Tugas-tugas




                                                                                                         
Mengetahui,
Kepala SMKN 3 Muara Bungo




Ir. SEPRIADI ERMAN, M.Si
NIP. 196412311994031062


Guru Mata Pelajaran,




SEPRIANO, 
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran/Diklat        : PRODUKTIF MULTIMEDIA
Kelas / Semester               : XII / 1
Alokasi Waktu                   : 20 Jam x 45 menit
Sekolah                            : SMKN 3 MUARA BUNGO

Standar Kompetensi
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR KUNCI UNTUK ANIMASI
Kompetensi Dasar
2.    Membuat gambar kunci
Indikator
·    Dibuat gambar kunci yang mencerminkan :
-       Detail garis besar dalam  storyboard dan layout
-       Instruksi sutradara
-       Camera sheet
-       ‘ action’ seperti yang digariskan dengan waktu
-       Mengikuti pecahan soundtrack ketika membuat gambar
·    Dibuat gambar kunci secukupnya untuk menetapkan “action” dan menyakinkan bahwa gambar-gambar itu standar yang ditetapkan oleh desain/model
·      Dibuat gambar kunciyang masih dalam batasan produksi

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
·     Membuat gambar kunci secara detail garis besar dalam storyboard dan layout, serta mencerminkan instruksi sutradara
·     Menggambar kunci sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh model  / desain serta menetapkan ‘action’ dengan benar


B.  MATERI PEMBELAJARAN
·   Gambar kunci dalam pembuatan animasi

C. METODE PEMBELAJARAN
1.     Ceramah
2.     Tanya jawab
3.     Demonstrasi
4.     Penugasan
5.     Pratikum di lab. komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
·   Membuat gambar kunci secara cermat yang mencerminkan detail garis besar dalam storyboard dan layout
·   Membuat gambar kunci secara cermat yang mencerminkan instruksi sutradara
·   Membuat gambar kunci secara cermat yang mencermikan kamera sheet
·   Membuat gambar kunci secara cermat yang mencerminkan waktu aksi
·   Membuat gambar kunci yang secukupnya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh desain / model
·   Menetapkan ‘action’ dengan benar berdasarkan gambar kunci yang telah dibuat
·   Membuat gambar kunci yang masih dalam batasan produktif

E. SUMBER BELAJAR :
·   Buku panduan pembuatan animasi
·   Software multimedia pembuat animasi
·   Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
·   komputer

F. PENILAIAN

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






Daftar pertanyaan
1.      
Tes praktik


Tugas-tugas




                                                                                                         
Mengetahui,
Kepala SMKN 3 Muara Bungo





Ir. SEPRIADI ERMAN, M.Si
NIP. 196412311994031062


Guru Mata Pelajaran,





SEPRIANO
NIP






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran/Diklat        : PRODUKTIF MULTIMEDIA
Kelas / Semester               : XII / 1
Alokasi Waktu                   : 20 Jam x 45 menit
Sekolah                            : SMKN 3 MUARA BUNGO

Standar Kompetensi
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR KUNCI UNTUK ANIMASI
Kompetensi Dasar
3.    Mengatur dan Melengkapi Gambar Kunci
Indikator
·     Gambar kunci dikoreksi setelah dilihat oleh personil yang releven
·     Labelisasi gambar kunci pecahan animasi dengan jelas, yang menunjukkan pemindahan diantara gambar
·     Gambar kunci diidentifikasi secara jelas dan disimpan dengan aman

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
·     Mengoreksi, memberi penandaan, mengidentifikasi dan menyimpan gambar kunci secara jelas, teliti dan benar

B.  MATERI PEMBELAJARAN
·   Koreksi, penamaan dan penyimpanan gambar kunci

C. METODE PEMBELAJARAN
1.     Ceramah
2.     Tanya jawab
3.     Demonstrasi
4.     Penugasan
5.     Pratikum di lab. komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         Mengoreksi gambar kunci setelah dilihat oleh personil yang releven
·         Memberi panandaan / label pada gambar kunci yang menunjukkan adanya pemindahan diantara gambar animasi dengan teliti
·         Mengidentifikasi gambar kunci secara jelas
·         Menyimpan gambar kunci dengan benar

E. SUMBER BELAJAR :
  1. Bukua panduan pembuatan animasi
  2. Software multimedia pembuat animasi
  3. Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
  4. Komputer




F. PENILAIAN

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis


Daftar pertanyaan
1.      
Tes praktik


Tugas-tugas



                                                                                                         
Mengetahui,
Kepala SMKN 3 Muara Bungo





Ir. SEPRIADI ERMAN, M.Si
NIP. 196412311994031062


Guru Mata Pelajaran,





SEPRIANO, 
NIP



No comments:

Post a Comment