Kelas / Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
20 Jam x 45 menit
Sekolah :
SMKN 3 MUARA BUNGO
Standar Kompetensi
|
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR KUNCI UNTUK ANIMASI
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menjelaskan Syarat Animasi
|
Indikator
|
·
Indentifikasi
syarat animasi storyboard, layout dan instruksi sutradara atau lembaran
kamera yang sesuai
·
Identifikasi semua syarat
animasi yang releven dari pecahan waktu dan suara
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
·
Melakukan syarat
animasi storyboard, layout yang benar
·
Melakukan
syarat animasi berdasarkan waktu yang benar
·
Melakukan
syarat animasi berdasarkan suara yang benar
B. MATERI
PEMBELAJARAN
· Syarat-syarat Animasi
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Demonstrasi
4. Penugasan
5. Pratikum
di lab. komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Mengidentifikasi
syarat animasi, storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran
kamera dengan teliti
·
Mengidentifikasi
semua syarat animasi berdasarkan pembagian waktu dengan teliti
·
Mengidentifikasi
semua syarat animasi berdasarkan pembagian suara dengan teliti
E. SUMBER BELAJAR :
·
Buku panduan
pembuatan animasi
·
Software multimedia
pembuatan animasi
·
Komputer
·
Internet
F. PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes
tertulis
|
Daftar
pertanyaan
|
1.
|
Tes praktik
|
||
Tugas-tugas
|
Mengetahui,
Kepala SMKN 3
Muara Bungo
Ir. SEPRIADI ERMAN, M.Si
NIP. 196412311994031062
|
Guru Mata
Pelajaran,
SEPRIANO,
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran/Diklat :
PRODUKTIF MULTIMEDIA
Kelas / Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
20 Jam x 45 menit
Sekolah :
SMKN 3 MUARA BUNGO
Standar Kompetensi
|
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR KUNCI UNTUK ANIMASI
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Membuat gambar kunci
|
Indikator
|
·
Dibuat
gambar kunci yang mencerminkan :
-
Detail
garis besar dalam storyboard dan
layout
-
Instruksi
sutradara
-
Camera
sheet
-
‘
action’ seperti yang digariskan dengan waktu
-
Mengikuti
pecahan soundtrack ketika membuat gambar
·
Dibuat
gambar kunci secukupnya untuk menetapkan “action” dan menyakinkan bahwa
gambar-gambar itu standar yang ditetapkan oleh desain/model
·
Dibuat
gambar kunciyang masih dalam batasan produksi
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
·
Membuat
gambar kunci secara detail garis besar dalam storyboard dan layout, serta
mencerminkan instruksi sutradara
·
Menggambar
kunci sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh model / desain serta menetapkan ‘action’ dengan
benar
B.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Gambar kunci
dalam pembuatan animasi
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Demonstrasi
4. Penugasan
5. Pratikum
di lab. komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Membuat
gambar kunci secara cermat yang mencerminkan detail garis besar dalam
storyboard dan layout
·
Membuat
gambar kunci secara cermat yang mencerminkan instruksi sutradara
·
Membuat
gambar kunci secara cermat yang mencermikan kamera sheet
·
Membuat
gambar kunci secara cermat yang mencerminkan waktu aksi
·
Membuat
gambar kunci yang secukupnya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh
desain / model
·
Menetapkan
‘action’ dengan benar berdasarkan gambar kunci yang telah dibuat
·
Membuat
gambar kunci yang masih dalam batasan produktif
E. SUMBER BELAJAR :
·
Buku panduan
pembuatan animasi
·
Software
multimedia pembuat animasi
·
Storyboard,
layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
·
komputer
F. PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes
tertulis
|
Daftar
pertanyaan
|
1.
|
Tes praktik
|
||
Tugas-tugas
|
Mengetahui,
Kepala SMKN 3
Muara Bungo
Ir. SEPRIADI ERMAN, M.Si
NIP. 196412311994031062
|
Guru Mata
Pelajaran,
SEPRIANO
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran/Diklat :
PRODUKTIF MULTIMEDIA
Kelas / Semester :
XII / 1
Alokasi Waktu :
20 Jam x 45 menit
Sekolah :
SMKN 3 MUARA BUNGO
Standar Kompetensi
|
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR KUNCI UNTUK ANIMASI
|
Kompetensi Dasar
|
3.
Mengatur dan Melengkapi Gambar Kunci
|
Indikator
|
·
Gambar
kunci dikoreksi setelah dilihat oleh personil yang releven
·
Labelisasi
gambar kunci pecahan animasi dengan jelas, yang menunjukkan pemindahan
diantara gambar
·
Gambar
kunci diidentifikasi secara jelas dan disimpan dengan aman
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
·
Mengoreksi,
memberi penandaan, mengidentifikasi dan menyimpan gambar kunci secara jelas,
teliti dan benar
B.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Koreksi,
penamaan dan penyimpanan gambar kunci
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Demonstrasi
4. Penugasan
5. Pratikum
di lab. komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Mengoreksi
gambar kunci setelah dilihat oleh personil yang releven
·
Memberi
panandaan / label pada gambar kunci yang menunjukkan adanya pemindahan diantara
gambar animasi dengan teliti
·
Mengidentifikasi
gambar kunci secara jelas
·
Menyimpan
gambar kunci dengan benar
E. SUMBER BELAJAR :
- Bukua panduan
pembuatan animasi
- Software multimedia
pembuat animasi
- Storyboard, layout,
instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
- Komputer
F. PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes
tertulis
|
Daftar
pertanyaan
|
1.
|
Tes praktik
|
||
Tugas-tugas
|
Mengetahui,
Kepala SMKN 3
Muara Bungo
Ir. SEPRIADI ERMAN, M.Si
NIP. 196412311994031062
|
Guru Mata
Pelajaran,
SEPRIANO,
NIP
|
No comments:
Post a Comment