TUGAS AKHIR
M4
STUDI KASUS KECERDASAN MAJEMUK SISWA
Oleh : Sepriano
TUGAS
AKHIR MODUL 4
Di suatu kelas terdapat 30
siswa dengan rincian :
1.
Jumlah laki-laki 20 orang,
jumlah perempuan 10 orang
2.
Status sosial 60% adalah anak dari pekerja
buruh pabrik, 20 % PNS, dan 10 % adalah pedagang, 20% adalah pegawai
swasta/BUMN
3.
Minat siswa 50% pada kegiatan olahraga, 10%
pada aspek akademis, 20% pada kegiatan seni, dan 20% pada aspek
ketrampilan
4.
Kemampuan siswa 40% pada batas bawah, 40% pada
batas menengah, dan 20% pada batas tinggi
5.
Preferensi belajar 40% kinestetik, 30% visual,
30% auditory
Pertanyaan
1.
Bagaimana cara mengelola kelas dan
mengakomodasi pembelajaran dengan karakteristik tersebut diatas (ambil
1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
2.
Bagaimana mengembangkan kecerdasan majemuk
dengan karakteristik diatas (ambil 1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
Kerjakan soal-soal tersebut
dalam MS. Word. dan submit pada tempat yang disediakan. Ukuran file yang
diunggah maksimal 10 MB.
PENYELESAIAN
Cara
Mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran karakteristik
Berdasarkan data tersebut
maka dalam mengelola kelas pada proses pembelelajaran saya melakukan:
a. Gender
Dengan jumlah laki-laki
sebanyak 20 orang, jumlah
perempuan 10 orang, jika akan membentuk kelompok diskusi maka lebih efektif
penyebaran gender dengan jumlah yang sama, misal untuk kelompok disusun jumlah
perempuan yang sama atau jumlah laki-lakinya sama. Contoh kelompok terbagi
menjadi 5 kelompok dengan masing-masing anggota kelompok 6 orang terdiri dari 4
orang laki-laki dan 2 orang perempuan.
b.
Status Sosial
Dengan data yang ada
terlihat bahwa dominan adalah anak dari pekerja buruh pabrik. Pada proses
pembelajaran biasanya masalah yang timbul adalah sarana belajar pribadi bagi
siswa yang kurang beruntung yakni dari keluarga yang ekonominya kurang.
c.
Minat
Pada studi kasus tersebut
diatas, terlihat bahwa minat pada kegiatan olah raga lebih dominan. Kemudian
seni, keterampilan dan yang paling rendah adalah akademis.
Dalam hal ini yang saya
lakukan untuk mengakomodir karakteristik minat dengan cara memberikan
pembelajaran yang menarik, misalnya pada saat materi alat ukur dengan mistar atau jangka sorong maka
saya menggunakan media video agar siswa yang memiliki kecenderungan kecerdasan
visual dapat terakomodir. Saya pun masih memberikan penjelasan dengan penekanan
intonasi yang baik agar siswa dengan minat seni dan keterampilan (kecerdasan auditory) dapat juga
terakomodasi. Tentunya juga meminta siswa untuk mengerjakan tugas mengukur ketebalan meja atau buku,
agar siswa yang kecerdasaan kinestetik dapat berkembang. Dan diperbolehkan
mendengarkan musik saat mengukur
ketebalan meja atau buku dengan catatan voleme disesuaikan agar
tidak mengganggu teman yang lain.
Cara
mengembangkan kecerdasan majemuk
Dari data tersebut diatas
dapat disimpulkan bahwa kelas tersebut kecenderungan perkembangan siswanya
mengacu kepada kecerdasan Kinestetik hal ini dapat terlihat dari minat siswa
dan prereferensi. Untuk itu guru hendaknya dalam proses pembelajaran membantu
mengembangakan kecerdasan kinestetik ini.
Kecerdasan
Kinestetik meliputi kemampuan fisik, baik itu kecepatan, kelenturan dan
lain-lainnya. Karakteristik kecerdasan ini adalah :
a. belajar dengan langsung terlibat
b. sensitive dan responsiv terhadap
lingkungan dan sistem secara fisik
c. mendemonstrasikan keseimbangan,
keterampilan dan ketelitian dalam tugas
fisik
d. mempunyai kemampuan untuk
memperbaiki segala sesuatu dan sempurna secara
pementasan fisik.
e. Mengekspresikan ketertarikan pada
karir atlit, penari, ahli bedah atau
pembuat gedung
Untuk
dapat mengembangkan kecerdasan majemuk dapat dilakukan dengan :
·
Lingkungan
fisik : daerah ruang kela, dalam merencanakan ruang kelas, para pengajar
membuat ruangan yang bisa membuat perasaan siswa menjadi senang.
·
Drama
teater, permainan peran, drama kreatif, simulasi (keadaan yang meniru) keadaan
sebenarnya.
·
Gerak
kreatif : memahami pengetahuan jasmaniah, memperkenalkan aktifitas gerak
kreatif, menerapkan gerak kreatif keahlian dasar, menciptakan isi yang lebih
terarah dari aktivitas gerakan.
·
Tari
: bagian-bagian tari, rangkaian pembelajaran melalui tari
·
Memainkan
alat-alat : kartu-kartu tugas, teka-teki kartu tugas, menggambara alat-alat
tambahan, membuat tanda-tanda bagi ruang kelas
·
Permainan
ruangan kelas : binatang buruan ; permainan-permainan lantai besar, permainan
yang merespon gerak fisik secara menyeluruh, permainan yang mengulang hal yang
umum.
·
Permainan
fisik : Karakteristik dari seorang pengajar (tentang) fissik, pendidikan
petualang, jaring laba-laba dll
·
Perjalanan
ke alam bebas.
Dari data yang dipaparkan juga terdapat siswa
yang kecenderungan pada kecerdasan visual (30%). Untuk mengembangkan kecerdasan visual ini
dapat dilakukan dengan cara :
Ø Guru sebaiknya
banyak/dititikberatkan pada peragaan/ media.
Ø Menggunakan
gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat dengan menggunakan
tampilan-tampilan visual seperti diagram, buku pelajaran bergambar
Ø Gunakan warna
untuk menghilite hal-hal penting
Ø Mengajak membaca
buku berilustrasi
Ø Gunakan multi
media (komputer dan video)
Ø Mengilustrasikan
ide-idenya ke dalam gambar.
Sedangkan anak
yang memiliki kecerdasan auditory dapat belajar lebih mudah dengan menggunakan
diskusi verbal dan mendengarkan apa yangdikatakan guru. Siswa tipe ini dapat
mencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi rendah),
kecepatan berbicara dan hal-hal auditory lainya.
Untuk dapat
mengembangkan kecerdasan auditory dapat dilakukan dengan :
v Mengajak siswa
untuk berpartisipasi dalam diskusi
v Meminta siswa
membaca lebih keras
v Gunakan musik
untuk mengajarkan anak
v Diskusikan ide
dengan siswa secara verbal
v Diperbolehkan
merekam materi ke dalam kaset atau yang lainnya.
Dari uraian
tersebut dalam saya terapkan sesuai dengan mata pelajaran yang saya ampu adalah
:
Contoh
di kelas X Multimedia A
Mapel :
PPKn
Materi :
Nilai nilai Pancasila dalam penyelenggaraan Peerintahan
Waktu : 6 Jam Pelajaran
Tempat : Ruang Kelas
Yang saya lakukan
untuk anak anak dengan kecerdasan kinestetik lebih dominan adalah:
v Siswa di ruang kelas dengan buku paket untuk melihat materi
1.
Guru
memberikan tayangan Video materi Penyelenggaraan
Pemreintahan
2.
Lalu
guru memberikan penjelasan ulang dari tayangan video tersebut dengan intonasi dan
penekanan yang baik agar siswa dengan kecerdasan auditory dapat berkembang
3.
Guru
meminta /menunjuk satu siswa maju dan memberikan pendapat nya tentang video
4.
Setelah memberikan pendapatnya , (membuat siswa terlibat langsung)
selanjutnya siswa diminta untuk memberikan
contoh kegiatan penyelenggaraan pemerintah lain nya
Dari kegiatan ini diharapkan :
·
Siswa
dengan kecenderungan kecerdasan kinestetik dapat terlibat langsung pada proses
pembelajaran
·
Siswa
dengan kecenderungan kecerdasan visual dapat melihat tayangan video
·
Dan
siswa dengan kecenderungan auditory juga dapat mengikuti dengan mendengar (
dengan tone suara)
·
Siswa
dengan kemampuan batas tinggi (20%) membantu guru sebagai tutor sebaya dalam
proses pembelajaran
No comments:
Post a Comment