SADM Information System Building Blocks (Chapter 2) - Kamus Mahasiswa

Thursday, November 16, 2017

SADM Information System Building Blocks (Chapter 2)


Information System Building Blocks

Bedakan antara sistem informasi front-back office.
Jelaskan berbagai kelas aplikasi sistem informasi (pemrosesan transaksi, informasi manajemen, dukungan keputusan, pakar, komunikasi dan kolaborasi, dan sistem otomasi kantor) dan bagaimana mereka saling membantu satu sama lain.
Jelaskan peran arsitektur sistem informasi dalam pengembangan sistem.
Identifikasi tiga sasaran tingkat tinggi yang menyediakan pemilik sistem dan pengguna sistem dengan perspektif sistem informasi.
Sebutkan tiga perspektif berorientasi pada tujuan untuk setiap sistem informasi.
Identifikasi tiga teknologi yang menyediakan perancang sistem dan pembangun dengan perspektif sistem informasi.
Jelaskan empat blok bangunan dari tujuan KNOWLEDGE untuk sistem informasi.
Jelaskan empat blok bangunan tujuan PROSES untuk sistem informasi.
Jelaskan empat blok bangunan dari tujuan KOMUNIKASI untuk sistem informasi.
Jelaskan peran teknologi jaringan yang berkaitan dengan Knowledge, Processes, and Communications building blocks.

Sistem informasi front-office mendukung fungsi bisnis yang menjangkau pelanggan organisasi (atau konstituen).
Pemasaran
Penjualan
Manajemen pelanggan
Sistem informasi back-office mendukung operasi bisnis internal sebuah organisasi, dan juga menjangkau pemasok (bahan, peralatan, perlengkapan, dan layanan).
Sumber daya manusia
Manajemen keuangan
Manufaktur
Kontrol inventaris

Sistem pemrosesan transaksi (TPS) adalah sistem informasi yang menangkap dan memproses data tentang transaksi bisnis.

Sistem informasi manajemen (MIS) adalah sistem informasi yang menyediakan pelaporan berbasis manajemen berdasarkan proses transaksi dan operasi organisasi.

Sistem pendukung keputusan (DSS) adalah sistem informasi yang membantu mengidentifikasi peluang pengambilan keputusan atau memberikan informasi untuk membantu pengambilan keputusan.

Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information System - EIS) adalah sistem informasi yang dirancang untuk manajer tingkat atas yang mengintegrasikan data dari seluruh organisasi ke dalam indikator dan kontrol grafis "sekilas pandang".

Sistem pakar adalah sistem informasi yang menangkap keahlian pekerja dan kemudian mensimulasikan keahlian tersebut untuk kepentingan nonexperts.

Sistem komunikasi dan kolaborasi adalah sistem informasi yang memungkinkan komunikasi yang lebih efektif antara pekerja, mitra, pelanggan, dan pemasok untuk meningkatkan kemampuan mereka berkolaborasi.

Sistem otomasi kantor adalah sistem informasi yang mendukung berbagai aktivitas kantor bisnis yang menyediakan alur kerja yang lebih baik antar pekerja.

Arsitektur sistem informasi - kerangka kerja pemersatu dimana berbagai pemangku kepentingan dengan perspektif yang berbeda dapat mengatur dan melihat blok bangunan fundamental dari sistem informasi.

Pengetahuan - bahan baku yang digunakan untuk membuat informasi bermanfaat.
Proses - kegiatan (termasuk manajemen) yang menjalankan misi bisnis.
Komunikasi - bagaimana antarmuka sistem dengan penggunanya dan sistem informasi lainnya.

Tampilan pemilik sistem
Tertarik tidak dalam data mentah namun informasi yang menambahkan pengetahuan bisnis baru dan informasi yang membantu manajer membuat keputusan cerdas.
Badan usaha dan peraturan bisnis.
Tampilan pengguna sistem
Lihat data sebagai sesuatu yang terekam pada formulir, disimpan di lemari arsip, dicatat dalam buku dan pengikat, disusun dalam spreadsheet, atau disimpan dalam file komputer dan database.
Cenderung fokus pada masalah bisnis karena berkaitan dengan data.
Kebutuhan data - representasi data pengguna dalam hal entitas, atribut, hubungan, dan peraturan tidak bergantung pada teknologi data.
Tampilan perancang sistem
Struktur data, skema database, field, indeks, dan kendala sistem manajemen basis data tertentu (DBMS).
Tampilan pembangun sistem
SQL
DBMS atau teknologi data lainnya

Tampilan pemilik sistem
Prihatin dengan proses tingkat tinggi yang disebut fungsi bisnis.
Fungsi bisnis - sekelompok proses terkait yang menunjang bisnis. Fungsi dapat didekomposisi menjadi subfungsi lainnya dan pada akhirnya menjadi proses yang melakukan tugas tertentu.
Sistem informasi lintas fungsi - sebuah sistem yang mendukung proses bisnis yang relevan dari beberapa fungsi bisnis tanpa memperhatikan batas-batas organisasi tradisional seperti divisi, departemen, pusat, dan perkantoran.

Tampilan pengguna sistem
Prihatin dengan pekerjaan yang harus dilakukan untuk memberikan tanggapan yang tepat terhadap kejadian bisnis.
Proses bisnis - aktivitas yang merespon kejadian bisnis.
Persyaratan proses - harapan pengguna akan persyaratan pemrosesan untuk proses bisnis dan sistem informasinya.
Policy - seperangkat aturan yang mengatur proses bisnis.
Prosedur - seperangkat instruksi dan logika langkah demi langkah untuk menyelesaikan proses bisnis.
Alur kerja - arus transaksi melalui proses bisnis untuk memastikan pemeriksaan dan persetujuan yang tepat diimplementasikan.

Tampilan perancang sistem
Prihatin dengan proses mana yang mengotomatisasi dan cara mengotomatisasi mereka
Dibatasi oleh keterbatasan teknologi pengembangan aplikasi yang digunakan
Spesifikasi perangkat lunak - desain teknis proses bisnis yang akan otomatis atau didukung oleh program komputer yang akan ditulis oleh pembangun sistem.
Tampilan pembangun sistem
Prihatin dengan logika pemrograman yang mengimplementasikan proses otomatis
Program aplikasi - representasi berbasis bahasa dan mudah dibaca dari proses perangkat lunak yang seharusnya dilakukan, atau bagaimana proses perangkat lunak seharusnya menyelesaikan tugasnya.
Prototyping - teknik untuk membangun model aplikasi dengan cepat, namun tidak lengkap dengan menggunakan alat pengembangan aplikasi yang cepat.

Tampilan pemilik sistem
Prihatin dengan lingkup komunikasi suatu sistem informasi.
Siapa (yang unit bisnis, karyawan, pelanggan, dan mitra) harus berinteraksi dengan sistem?
Dimana unit bisnis, karyawan, pelanggan, dan mitra ini berada?
Sistem sistem informasi apa lagi yang harus dihadapi sistem?

Tampilan perancang sistem
Prihatin dengan desain teknis pengguna dan antarmuka komunikasi sistem-ke-sistem.
Spesifikasi antarmuka - desain teknis yang mendokumentasikan bagaimana pengguna sistem berinteraksi dengan sistem dan bagaimana sistem berinteraksi dengan sistem lain.
Dialog pengguna - spesifikasi bagaimana pengguna berpindah dari jendela ke jendela atau halaman ke halaman, berinteraksi dengan program aplikasi untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat.
Tampilan pembangun sistem
Prihatin dengan konstruksi, pemasangan, pengujian dan implementasi solusi antar muka pengguna dan sistem-ke-sistem.
Middleware - perangkat lunak utilitas yang memungkinkan perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem yang memanfaatkan teknologi yang berbeda untuk saling beroperasi.

No comments:

Post a Comment